Perlukah Kelas Internasional?

 Oleh : Dadag H Adnan/10315244031/ P.IPA (int)

   Menjelang akhir tahun ajaran baru para peseta didik menyiapkan dirinya untuk melakukan Ujian Akhir Nasional (UAN). Bagi siswa siswi kelas enam, kelas sembilan mapun kelas dua belas mereka juga mempertimbangkan kemanakah mereka ingin melanjutkan. Mereka mempunyai pilihan mengikuti kelas reguler atau kelas internasional. Pada kenyataannya sekarang ini banyak sekolah maupun universitas menerapkan kelas internasional. Kelas internasional memiliki kelebihan dan kekurangan. Di dalam tulisan ini saya ingin membahas tiga hal yakni, seleksi masuk kelas internasional, kesiapan peserta didik dan kondisi riil kelas internasional.

  • · Seleksi masuk Kelas Internasional

Setiap siswa pasti menginginkan pendidikan yang terbaik. Hal tersebut misalnya masuk kelas internasional. Secara umum masyarakat mengetahui tentang kelas internasional yaitu kelas dalam sistem pembelajaran atau penyampaian materi yang diberikan oleh guru maupu dosen dalam bahasa inggris. Seorang siswa akan bangga jika ditanya darimana asal sekolah atau jurusan yang sedang ditempuh, akan tetapi beberapa orang dari siswa kelas internasional menjawab dengan ragu-ragu jika ditanya apakah penerapan kelas internasional sudah berjalan secara maksimal.

Cara peserta didik masuk ke kelas internasional dengan mengikuti tes. Bagi sekolah yang hanya memiliki beberapa kelas internasional, seleksi masuk kelas internasional diadakan dengan cara yaitu dari seluruh peserta yang sudah diterima akan diberikan tes lagi oleh pihak sekolah untuk mendapatkan siswa yang unggul, akan tetapi berbeda yang dilakukan di universitas. Seleksi masuk kelas internasional  di uuniversitas dilakukan degan sekali tes.

Dari pengakuan beberapa orang, mereka mempunyai alasan yang berbeda beda, ada yang hanya mencoba-coba  mengikuti tes dan akhirnya diterima. Sementara itu ada juga yang berkeinginan kuat untuk masuk kelas internasional tetapi belum memiliki kemampuan yang memadahi dalam menggunakan bahasa inggris, ada juga yang memiliki kemampuan memadahi dan memiliki keinginan yang kuat untuk masuk kelas internasional, namun ada juga yang terpaksa memilih kelas internasional  atau merasa tidak sesuia dengan keinginan. Hal ini bisa terjadi karena tidak ada pilihan lain.

  • · Kesiapan Peserta Didik

Dari seluruh peserta didik yang sudah diterima, mereka mempunyai latar belakang yang berbeda-beda. Ditinjau dari asal sekolah mereka dapat dikatagorikan  dari Sekolah Berstandar Nasional (SSN) dan Sekolah Bertaraf Internasional (SBI) atau Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI).  Apa yang sudah mereka pelajari di sekolah dan lingkungannya akan mempengaruhi karakteristik dalam cara belajar mereka. Hal ini yang menyebabkan kemapuan mereka berbeda, kemampuan dalam menulis maupun kemampuan dalam berkomunikasi atau berinteraksi dengan menggunakan bahasa inggris.

Tahap awal proses belajar pada kelas internasional menggunakan dua bahasa (bilingual). Bagi yang sudah terbiasa menggunakan bahasa inggris merupakan hal yang biasa,  akan tetapi ini akan menjadi sangat bermasalah ketika peserta didik jarang maupun tidak suka dengan sesuatatu yang menggunkan bahasa inggris. Hal ini dapat mempengaruhi kecepatan penyerapan materi yang diberikan oleh guru maupun dosen. Selain itu, penguasaan materi yang diberikan juga berkurang karena penghantar dan buku yang digunakan dalam pembelajaran menggunakan bahasa inggris.

  • · Kondisi Riil Kelas Internasional

Tidak mengherankan bila biaya pendidikan yang dibutuhkan pada proses belajar mengajar di kelas internasional begitu tinggi. Biaya tersebut bisa empat kali lipat atau lebih dari biaya yang diperlukan untuk pendidikan kelas reguler. Hal ini tidak menjadi permasalahan bagi orang-orang yang mampu, tetapi hal ini akan menjadi permasalahan besar bagi orang yang kurang mampu, karena tidak semua peserta didik yang diterima dalam kelas internasional adalah orang yang mampu.

Hal yang sering kita jumpai pada sitem pembelajaran di kelas internasional yaitu penyampaian materi yang diberikan dari guru atau dosen mengguakan bahsa inggris. Pada beberapa sekolah maupun universitas sudah dilakakukan proses pembelajaran dengan penyampaian matri secara bilingual maupun yang sepenuhnya (semua pelajaran) menggunakan bahasa inggris. Namun pada kenyataannya ada juga sekolah yang mempunyai kelas intenasional masih menggunakan bahasa indonesia lebih banyak dari bahasa inggrisnya dalam proses pembelajaran. Hal ini yang menyebabkan kualitas kelas internasional antara sekolah satu dengan sekolah lainnya berbeda.

Faktor yang sangat penting dalam proses pembelajaran adalah pengajar (guru maupun dosen).pengajar yang berkompeten sangat dibutuhkan dalam proses pembelajaran. Seorang murid akan mencontoh gurunya, baik buruk dari guru akan dicontoh. Semakin baik guru maka anak didiknya akan semakin baik pula. Pada kenyataannya pengajar untuk kelas internasional harus menguasi materi yang akan diberikan kepada siswa maupun lancar dan jelas dalam menerangkan materi dalam bahasa inggris.

Sarana dan prasarana yang memadahi menjadi salah satu pendukung bagi peserta didik. Sudah menjadi kebutuhan pokok bagi pelajar untuk menggunakan internet sebagai sarana untuk mencari informasi selain dari buku. Internet juga memperkecil jarak anatara suatu wilayah sehingga arus informasi yang diperoleh peserta didik semakin banyak dan luas.

Pada kenyataannya kelas internasional didominasi oleh orang-orang kaya saja. Bagi kaum miskin hal itu sangat memberatkan karena tidak sedikit peserta didik yang pandai tetapi berasal dari kalangan orang miskin. Jadi secara tidak langsung proses kemajuan bangsa juga terhambat.

Kita memeang perlu adanya kelas internasional, tetapi dengan beberapa perbaikan. Diantaranya dengan meperbaiki sistem penerimaan siswa baru maupun mahasiswa baru pada kelas internasional. Hal tersebut tidak hanya melalui tes tertulis saja karena bisa dimungkinkan pesrta melakukan kecurangan, alangkah baiknya juga dilakukan tes wawancara kepada peseta didik agar lebih teliti dalam seleksi masuk juga diadakannya bantuan atau subsidi bagi orang yang tidak mampu tetapi berkompeten dalam kelas internasional.

5 comments on “Perlukah Kelas Internasional?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s